UMKM Sumber Hayati ikuti kegiatan Rakerda Dekranasda Provinsi Bengkulu

UMKM Sumber Hayati mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bengkulu Tahun 2021  bertempat di Grage Horizon Hotel Kota Bengkulu. Selasa, (23/3/2021).

Rakerda Dekranasda Provinsi Bengkulu ini diikuti oleh 10 peserta yang terdiri dari 8 peserta dari Kabupaten, 1 peserta dari Kota dan 1 peserta dari Provinsi. Selain UMKM Sumber Hayati ada juga UMKM Adella yang ikut mewakili Kabupaten Kepahiang mengikuti kegiatan Rakerda Dekranasda Provinsi Bengkulu yang bertema “Perajin Sehat Perajin Kuat Perajin Hebat” ini.

Salah satu kegiatan pada Rakerda Dekranasda ini adalah diadakan lomba seni kriya. Kriya atau hastakarya atau kerajinan tangan adalah kegiatan seni yang menitikberatkan pada keterampilan tangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku yang sering ditemukan di lingkungan menjadi benda-benda yang tidak hanya bernilai pakai, tetapi juga bernilai estetis. Adapun pemenang lomba seni kriya ini juara pertama diraih oleh peserta dari Kabupaten Rejang Lebong dengan seni kriya ukiran, juara dua diperoleh dari Kabupaten Seluma dengan seni kriya kerajinan bambu dan juara tiga diperoleh dari Kabupaten Benteng dengan seni kriya bambu.

Selain lomba seni kriya pada kegiatan ini juga diadakan bazar produk UMKM dan fashion show batik. Dalam kesempatan ini Ketua Dekranasda Provinsi Bengkulu Ibu Rohidin sekaligus melantik seluruh Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota dan disaksikan oleh Dekranasda Pusat. Bapak Witno sebagai Staf Ahli Dekranasda Bidang Desain dalam sambutannya memaparkan bahwa pentingnya peran Dekranasda untuk memajukan IKM di daerah. Salah satunya yaitu kerjasama pihak perkantoran dengan UMKM dalam hal pengadaan baju batik, goody bag, tool kit, dan sebagainya yang melibatkan pihak UMKM setempat agar pelaku UMKM bisa terbantu di masa pandemi seperti ini.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *