SUMBER HAYATI DAN WIRAUSAHA BARU

Kerjasama dengan IDUKA

UMKM sumber hayati adalah UMKM yang dibentuk sebagai  wadah bagi alumni kursus dan pelatihan  (LPKS) untuk bisa magang atau bekerja secara langsung pada dunia usaha dan industry. Disini mereka yang berbakat dan berprestasi akan digembleng dengan memproduksi produk fashion beserta turunannya,  dan diharapkan setelah mereka matang dapat bisa berusaha secara mandiri atau kelompok,

 

Mitra

Adapun UMKM sumber hayati memproduksi varian produk fashion selain  Batik tulis , batik cap dan batik cap kombinasi khas Kabupaten Kepahiang yang dikenal dengan batik diwo, juga pakaian jadi pria dan wanita beserta turunannya berupa tas, dompet dan acsesorisnya yang dibuat dari kain batik dan  diberi sentuhan bordir atau sulaman khas Bengkulu.

Selain kursus dan pelatihan, UMKM Sumber Hayati sangat concern di bidang pemberdayaan masyarakat.  Selain menghasilkan wirausaha baru di bidang menjahit, juga berkolaborasi dengan mitra membentuk dan membina kelompok usaha batik diantaranya rumah kreatif batik diwo di daerah kabawetan kepahiang, umeak diwo di pasar ujung kepahiang, batik panca mukti Bengkulu tengah dan tunjang batik di rejang lebong curup.

Para peserta didik yang tergabung dalam UMKM sumber hayati atau tergabung dalam binaan sumber hayati akan terus dipantau perkembangannya dan mereka dihubungkan dengan rumah kreatif bumn sebagai salah satu CSR BUMN yang concern membina wirausaha baru. Disini mereka akan didampingi secara khusus baik perijinan, bimbingan laporan keuangan, management usaha, digital marketing dan akses permodalan. Diharapkan suatu saat nanti usaha mereka akan naik kelas.

Instruktur sekaligus penanggung jawab batik sumber hayati menjadi ketua umeak diwo dan sebagai mitra
Kegiatan membatik di kelompok tunjang batik curup

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *